Rangkuman bab 1 BTIK

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Nama saya Alifa Rizqia dari kelas 7F absen 2, hari ini saya akan merangkum materi-materi bab 1 di buku Informatika 1 kelas 7. 

        Materi pertama adalah tentang pengenalan komputer, kumputer yang kita kenal saat ini berasal dari kata compute yang artinya menghitung. Fungsi komputer ada banyak beberapanya adalah alat bantu menulis, menggambar, mengoperasikan program analis olmiah, simulasi dan masih banyak lagi. Komputer memerlukan beberapa komponen untuk bisa bekerja dalam banyak hal, komponen tersebut adalah hardware, software, dan brainware. 

        Hardware adalah komponen komputer yang merupakan suatu sistem yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu kesatuan, jika salah satu komponen tidak berfungsi maka proses-proses pada komputer tidak akan bekerja. Hardware dibagi menjadi beberapa perangkat berikut, Input device, process device, output device, backing storage, dan periferal. Software adalah perangkat yang mengacu pada hal-hal yang tidak berwujud tapi dapat kita lihat, dalam arti lain software merupakan program-program yang dipasang pada komputer dan berfungsi mengendalikan komputer. Jenis-jenis software adalah sistem operasi, bahasa pemrogaman, dan program aplikasi. 

        Brainware adalah user/orang yang menggunakan perangkat komputer. Brainware  menjadi sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari hardware dan software tanpa adanya brainware, software dan hardware tidak dapat bekerja. Berikut adalah contoh-contoh brainware, programmer, administrator, dan operator. Jenis komputer ada 8 yaitu supercomputer, mainframe, mini computer, PC, laptop, notebok, netbook, dan komputer mobile. Materi kedua adalah tentang menghubungkan perangkat, menghidupkan, mematikan komputer, hal-hal yang dilakukan adalah menghubungkan kabel yang diperlukan dengan komputer lalu tekan tombol on dan untuk mematikan, dapat mengunakan cara berikut, tekan start pada taskbar atau tekan turn off atau restart ataupun hibernate. 

        Lalu berikut cara menghidupkan dan mematikan handphone/tablet bisa dengan secara otomatis yaitu dengan mengatur waktu kapan untuk mati dan hidup, kalau secara manual yaitu menyalakan dengan menekan tombol lockscreen hingga menyala lalu kalau mematikan sama caranya sampai muncul pilihan yang ada tulisan power off dan tekan tombol power offnya. Salah satu komponen software adalah sistem operasi, sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi melakukan operasi yang mengatur segala aktivitas komputer. Sistem operasi merupakan perantara user dan hardware, ada beberapa jenis sistem operasi di antaranya Linux, Unix, dan Windows.

        Fungsi sistem operasi yang lainnya adalah manajemen file, mengatur memori, melakukan pengelolaan data, mengelola sumber daya terkait pengendalian software, dan mempersiapkan program berinteraksi dengan hardware secara konsisten. Jenis sistem operasi yang banyak digunakan adalah Unix, Ms. DOS, Windows, Linux, MacOS. Aspek K3 pengunaan komputer adalah singkatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja, bagian-bagian komputer yang berbahaya bagi kesehatan tubuh adalah berikut ini. Monitor, CPU, kabel komputer, dan keyboard. 

Sekian yang dapat saya rangkum, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kolaborasi dalam Masyarakat Digital

Wisata Edukasi

Alumni Menginspirasi